Tim Pelatihan Hydrogen

Nature and Expertise 

Kami adalah HYDROGEN – Hydroponic Gerlong Nusantara adalah komunitas urban farming di wilayah KPAD Gegerkalong Bandung yang bergerak pada bidang sistem pertanian hidroponik. Didirikan oleh para penggiat kelompok tani urban di lingkungan Kami yang terbentuk pada 16 Juli 2020. Kami adalah komunitas petani hidroponik  kecil dan relatif masih baru, yang berbasis di KPAD Gegerkalong, Bandung, Jawa Barat.

Lahan hidroponik Kami tidaklah besar, lahan pekarangan rumah yang kami manfaatkan serta digabungkan hasilnya untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar sayuran di wilayah kami sendiri. Seiring perjalanannya, kebutuhan sayur di pasar wilayah kami semakin meningkat, usaha yang ditempuh untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan mengembangkan komunitas ini secara bertahap serta meningkatkan kapasitas produksi Kami. Sejalan dengan perkembangannya selain membangun komunitas hidroponik juga mengadakan pelatihan hidroponik secara online dan offline.

Kegiatan Hidroponik Pekarangan Rumah
Modul Hidroponik Skala Rumah

Kegiatan urban farming dengan sistem hidroponik, memanfaatkan lahan minim hasil optimal. Keterbatasan lahan tidak menghalangi untuk dapat berproduksi dan memberikan sumber ekonomi alternatif dengan konsisten.

Komoditas Pachoy Kapasitas 10kg dengan area tanam 1×1 m persegi

Rekayasa sistem tanam, kebutuhan nutrisi yang sesuai dan cukup, cara penanganan tanaman baik, serta disain instalasi modul hidroponik minimal memberikan hasil optimal pada komoditas sayuran. 1 meter persegi dapat menghasilkan 10kg dalam satu panen.

Web https://pelatihan.ecoponik.com menyediakan pelatihan bidang agroindustrial ecology yang khusus pada konten series hidroponik. Misi utama kami adalah mendukung gerakan nasional menuju Indonesia pada kemandirian, kedaulatan, dan ketahanan pangan. Materi pelatihan disesuaikan dengan skala hobi dan industri, dimulai dari pekarangan perseorangan hingga dapat memberdayakannya menjadi skala produksi. Oleh karena itu kami menyediakan versi pelatihan secara offline ataupun online untuk berkendala hadir di lokasi pelatihan.

Pelatihan Hydrogen dan Ecoponik.com mengajak masyarakat indonesia dimanapun berada, untuk dapat melakukan kegiatan urban farming. Kami menggunakan metode yang mudah untuk dipahami dengan alat peraga praktek sesuai dengan teori berdasarkan referensi dan hasil penelitian. Materi yang terbagi dari 3 series ini mulai dari basic hydroponic, intermediate, dan advance hydroponic. Investasi pelatihan merupakan pengganti untuk alat peraga praktek yang akan dikirimkan atau dibawa pada saat kegiatan kepada peserta. Pelatihan dipandu mulai dasar hingga bimbingan sampai bisa melalui WA atau secara offline. Kegiatan Kami di pekarangan rumah (pada gambar) dengan merekayasa kapasitas produksi dengan lahan 1×1 meter persegi mampu menghasilkan 10kg untuk beberapa komoditas sayuran.

Personil

 

R. M. Iwan Ridwan

Penasehat Hydrogen, lebih sering dikenal dengan panggilan Abah Iwan memprioritaskan pengembangan timnya. Mendorong tim untuk membangun jaringan kerjasama industri yang kuat.

Yudi Lutfi

Penasehat Hydrogen, saat ini sebagai pengurus Yayasan At-Taqwa. Sebagai inisiator At-Taqwa Halal Center. Peran bidang pertanian sebagai peneliti di Balai Penelitian Tanaman Sayuran, Puslitbang Hortikultura, Badan Litbang Pertanian.

 

Dr. Boy Macklin

Ketua Komunitas, sebagai pemateri dan design engineer untuk Teknik hidroponik. Sehari-hari sebagai dosen yang juga sebagai Kepala Lab. Teknik Tanah dan Air, Departemen Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Universitas Padjadjaran.

Prima Seina, S.Kom.

Sebagai Wakil Ketua komunitas ini, berperan sebagai product marketing & creator juga sebagai pengusaha kuliner. Telah mengembangkan produk kreatif lebih dari 10 produk hidroponik  menjadi kuliner UMKM populer. Selain itu sebagai pengembang pada industri pengolahan kuliner halal.

Addi Rusmiadi, SH.

Diakui sebagai Koordinator Operasional, berperan sebagai legal expert dan uji teknis  material modul hidroponik, serta pengembang jejaring model kerjasama usaha tani.

 

Tim Hydrogen

TIM HYDROGEN TERLIBAT DALAM MEMBANTU MEMPERKUAT KOMUNITAS TANI KOTA
Pembekalan Keahlian Kemampuan Dasar Hidroponik untuk dikembangkan pada instalasi di pekarangan rumah masing-masing

Lokasi Kumpul Kami;

Jl. Pak Gatot I No. 39G
KPAD Gegerkalong Bandung, Jawa Barat, Indonesia.