The Hydroculture Advantage Source: Hortology, 2020

Serie 1 – Hydroponic Basic Training atau disingkat HBT,
adalah pelatihan dasar untuk para peminat bidang pertanian pada sistem hidroponik dalam kegiatan tani kota (urban farming). Berawal dari pembekalan dasar tim Hydrogen, akhirnya dikembangkan pelatihan dasar untuk khalayak umum. Pelatihan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dalam pembentukan kompetensi peserta pada, kemampuan dasar pada bidang utama:

  • Mempelajari Teori dasar hidroponik
  • Mempelajari Dasar fisiologi tanaman dan cara tanam
  • Mempelajari Hidroponik sebagai pertanian presisi
  • Mempelajari Sistem-sistem Hidroponik dan Hidrokultur
  • Mempelajari Pertumbuhan tanaman pada sistem Hidroponik
  • Mempelajari Komponen penting ber-Hodroponik,
  • Mempelajari Ber-hidroponik Halal untuk memperoleh sayuran Halal.
Pembekalan Komunitas Hydrogen untuk Keahlian dan Kemampuan Dasar Hidroponik, Juli 2020.

Pelatihan ini memiliki Organisasi materi yang terstruktur dengan pencapaian kompetensi akhir peserta pelatihan dapat menerapkan dasar sistem hidropnik dengan menguasai 3 sistem utama hidroponik. Selain itu peserta pelatihan secara afeksi dapat langsung mengetahui alat dan peralatan minumum pada sistem ini. Oleh karena itu psikomotor peserta pelatihan melakukan praktek secara langsung serupa dengan standar praktek di laboratorium di Universitas.
Peserta pelatihan ini dapat diikuti oleh semua kalangan karena materi yang disajikan disusun secara komunikasi aktif untuk mudah diserapnya. Selain itu juga para praktisi profesional, para ibu rumah tangga, mahasiswa non bidang pertanian sebagai pengembang kompetensi, pengusaha, akademisi non bidang pertanian, generasi milenial sebagai petani bersih, dan lain-lain. Hal ini memperhatikan permintaan tanaman hidroponik mayoritas di daerah perkotaan, permintaan hasil dari sistem ini biasanya diminati oleh rumah makan, rumah sakit, supermarket, pasar swalayan, dan kafe. Para pelaku usaha tersebut menjadi konsumen utama dari produk hdroponik.
Kompetensi Organisasi materi pelathian dasar merupakan awal pemahaman pada pelatihan ini. Mulai dari serie 1 pelatihan ini hingga pada serie 2 dan 3, sehingga kemapuan para calon petani kota dapat terstruktur untuk memahani sesuai dengan komptensi organisasi materinya.
Selain itu, organisasi materi pelatihan hidroponik dasar yang dilaksanakan oleh Hydrogen ini menjawab tantangan masa kini dan disesuaikan dengan generasi milenial, serta menjawab tren urban farming selama masa pademi dan prospeknya pasca pandemi.
Oleh karena itu disain organisasi materi pelatihan hidroponik ini dirangkai menjadi 3 serie, Serie 1 dasar hidroponik, serie 2 hidroponik lanjut, dan serie 3 hidroponik advance untuk pengembangan skala produksi.